Pencarian

Translate

Kamis, 02 Januari 2014

Membuat Baju di Cinema 4D

Hallo, saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat baju di aplikasi Cinema 4D...

ok, langsung saja tutorialnya...

1. Buka aplikasi cinema 4d..
Cinema 4D R10

2. Tambahkan karakter kepunyaan anda..

3. Klik yang ditandai untuk merubah menjadi 4 tampilan window.


4. klik lagi yang ditandai untuk meribah window ke 'front view'


5. klik structure, kemudian klik 'create polygon'.


6. buatlah seperti gambar dibawah ini dengan cara klik kiri kemudian geser kemudian klik kiri lagi dan seterusnya...


7. klik kanan mouse, kemudian klik 'knife' untuk membuat sebuah edge.


8. klik (tahan) vertex ke vertex yang lain maka akan membentuk sebuah edge (garis). buatlah seperti gambar dibawah ini.


9. pindahkan polygon-nya ke depan tubuh, lebih mudah jika window-nya dari samping seperti gambar dibawah.


10. jika sudah, copy polygon tersebut kemudian hasil copy-an diletakan dibelakang tubuh.




11. seleksi kedua polygon tersebut dengan cara klik salah satu poligon kemudian 'shift+klik' pada polygon yang lain.


12. jika sudah, klik kanan mouse kemudian pilih 'connect' untuk menyatukan polygon tersebut.


13. maka akan muncul polygon yang baru, polygon tersebut adalah polygon yang sudah disatukan. seleksi polygon yang masih terpisah seperti gambar dibawah kemudian hapus.


14. klik polygon yang baru tersebut, klik edge mode yang sudah dtandai.


15. klik kanan mouse kemudian pilih 'bridge' untuk membuat faces dengan kedua edge.


16. buatlah seperti gambar dibawah ini.


17. ubah tampilan window menjadi front view, pilih seleksi, matikan 'onli select visible elements', dan pilih faces mode yang ditandai.


18. seleksi feces bagian depan dan belakang saja dengan cara tahan klik hingga bagian depan terkena, otomatis bagian belakang juga terkena. paling mudah dari tampilan front view..


19. jika sudah, klik kanan mouse kemudan pilih 'subdivide'.


20. pada jendela subdivide, masukan angka 2 saja kemudian klik 'OK', subdivide untuk memperbanyak edge, vertex, maupun faces.


21. jika sudah seleksi bagian samping yang belum di subdivide, paling mudah pada tampilan 'right view' , dengan cara yang sama seperti bagian depan.


22. klik kanan pada polygon > pilih clothilde > kemudian pilih 'cloth'.


23. klik kanan objek karakternya > pilih clothilde > kemudian pilih 'collider'.


24. pilih polygon > pilih simbol cloth > pilih tamipan 'dresser' > kilk 'set' > kemudian pilih 'dress-o-matic'.


25. tunggu sampai prosesnya selesai. maka otomatis akan berbentuk seperti baju..







CATATAN :

  • Jika hasilnya ada yang rusak ( seperti baju kusut ), berarti ada vertex atau edge yang double.
  • Untuk bagian 'bridge', untuk tangan maupun kepala jangan sampai terkena faces. seperti gambar No.16

Selesai.. mohon kritik dan sarannya karena saya juga masih belajar.. :)
Terima kasih telah mengunjungi blog saya yang sangat sederhana ini..
mohon maaf jika ada gambar atau salah kata yang tidak benar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar