ok langsung saja tutorialnya...
1. pertama buka aplikasi cinema 4d, maka tampilannya seperti ini..
cinema 4d r10
2. kemudian buatlah sebuah objek kubus..
3. scale kubusnya hingga menipis..
4. tambahkan "array" nanti digunakan untuk menduplikasi objek.
5. tiban kubusnya ke array tersebut.. nanti kubusnya jadi banyak dalam posisi melingkar...
6. anda bisa merubah "radius, copies, dll" sesuai keinginan anda.. kalo saya mengubah radius 360, copies 6, dan yang lain tidak dirubah..
7. lalu tambahkan "floor"..
8. tambahkan "material"...
9. klik 2 kali (double clik) pada materialnya.. maka akan ada tampilan baru.. kemudian klik tanda panah yang berada di samping tuisan "texture" jika sudah, pilih "load image".
10. cari texture rumput yang anda simpan... (anda bisa memilih texture kesukaan anda sendiri yang berhubungan dengan tanah.).. kemudian klik open, jika ada pemberitahuan klik "yes" atau "no". terserah anda..
11. pindahkan texture yang sudah di kasih gambar ke arah "floor", maka floor akan barubah warnanya sesuai texture tersebut..
12. tambahkan "sky"..
13. tambahkan texture, dengan cara yang sama. tapi texturenya berupa pemandangan..
14. kemudian pindahkan texture yang bergambar pemandanganke arah sky..
15. tambahkan "sun light"..
16. maka tempatnya akan terang, tapi di sini permasalahannya warnanya jadi merah..
17. anda bisa merubah timenya sesuai keinginan anda sampai tidak berwarna merah lagi..
18. tambahkan "emiter".
19. putar emiter-nya ke arah X axis 90*...
20. tambahkan "pyrocluster" dan "pyrocluster-volume tracer". klik 2 kali (double clik) pyrocluster, kemudian ubah settingnya menjadi "fire"..
21. pindahkan pyrocluster ke arah emiter..
22. tambahkan environment agar efek apinya bisa di render..
23. pindahkan pyrocluster-volume trracer ke arah environment...
24. tambahkan emiter lagi kemudian putar ke arah X axis 90*...
25. tambahkan pyrocluster lagi...
26. klik 2 kali (double clik) pada pyrocluster yang baru kemudian ubah setting-nya menjadi fire ball..
27. pindahkan pyrocluster tadi ke arah emiter yang baru..
28. ubah life time pada kedua emiter tersebut menjadi 10 F di menu partikel..
29. coba anda render maka hasilnya akan seperti di gambar, dengan catatan render api membutuhkan waktu yang lama (tergantung dari spesifikasi komputer)..
Terima kasih telah mengunjungi blog saya yang sangat sderhana ini..
mohon maaf jika ada salah dalam penulisannya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar