Pencarian

Translate

Minggu, 27 Maret 2016

Merubah Ukuran Karakter Di Cinema 4D

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Selamat datang di tutorial Cinema 4D..

Tutorial kali ini membahas tentang cara memperbesar dan memperkecil ukuran karakter. Mungkin tutorial ini sebagai tips, karena hanya beberapa langkah saja yang akan di tunjukan.

Bagi yang ingin membuat animasi dan ingin mengecilkan karakternya supaya sesuai pada suatu tempat maupun viewport 3dnya. Karena jika objek karakternya besar, otomatis tempatnya juga harus besar sehingga hanya beberapa objek saja yang muat pada viewport 3dnya.

Jika tempatnya tidak terlalu banyak objeck tapi terlihat luas seperti pemandangan, tidak apa-apa jika objeknya besar, karena bagian yang luasnya bisa diganti dengan background.
Sementara untuk yang perlu banyak objeck tapi terliat luas dan mendetail objecknya, seperti perumahan maupun gedung-gedung serta ada tanamannya dan objeck lain. Pada suatu tempat tersebut harus di kecilkan supaya terlihat menyeluruh pada viewport 3dnya.

Pada tutorial kali ini tidak membahas mengecilkan tempat, tapi mengecilkan suatu karakter sehingga pas pada suatu tempat. Misalnya pada suatu tempat yang kecil, saat memasukan sebuah karakter tersebut masih besar, seperti raksasa. Untuk mengecilkannya, ikuti beberapa langkah berikut ini :

catatan : kamu harus punya sebuah karakter dahulu.
1. Buka dahulu aplikasi Cinema 4D-nya.

2. kemudian buka file karakter yang kamu punya. Dengan cara menu File > kemudian Pilih Open > seanjutnya cari karakter kamu > kemudian klik Open.


3. maka karakter anda akan muncul. jika tidak muncul, berarti file anda rusak atau yang dibuka ekstensinya tidak mensuport aplikasinya. Aplikasi Cinema 4D membuka File yang berdormat .C4d

4. saatnya untuk merubah ukuran, untuk merubah ukuran pada aplikasi ini berbeda caranya dengan aplikasi lain. Jadi tidak bisa dengan cara aplikasi lain. Misalnya menseleksi atau memilih semua objeck, kemudian dikecilkan atau dibesarkan, karakternya akan menjadi berantakan, seperti gambar di bawah ini :


5. langkah pertama adalah membuat Root untuk semua objeknya, bisa dibilang objek utama diantara objek lain. Dengan cara Pilih menu Create > arakan kursor ke Objeck > kemudian pilih Null.

6. jika sudah pindahkaan semua objeknya ke dalam objek Null, dengan cara semua objeknya (selain Null) > klik + tahan lalu pindahkaan ke objek Null tersebut.

7. cara lain adalah menonaktifkan Skin pada objeck tersebut, kemudian dikecilkan atau dibesarkan. Dengan cara di Klik Weight > pada Attribute klik Reset Pose. Reset pose tersebut akan mengembalikan posisi tulang kesemula. Kemudian menonaktifkan Skin dengan mengklik tanda Centang menjadi tanda X. Jika sudah pilih rootnya kemudian diubah ukurannya.

Untuk cara ini karakter dapat di ubah ukurannya tapi dengan semua objeck dari pakaian, badan, rambut,  dan lain-lain harus memiliki posisi koordinat X,Y, dan Z adalah 0 (nol). Jika salah satu objecknya posisinya tidak 0 (nol), maka saat di ubah ukurannya objek tersebut akan berantakan. Seperti gambar di bawah ini :

8. untuk yang ini aktifkan Skin lagi, pilih Rootnya atau objek utamanya. Kemudian pada attribute menu Coord >  tinggal merubah S.X, S.Y, dan S.Z dari angka 1 menjadi nilai 0.5 semua. Otomatis karakternya akan menjadi kecil dan tidak berantakan.

Catatan :
objek utamanya harus pada koordinat posisi 0 (nol) semua.
Jika S < 1, maka karakter akan kecil.
Jika S > 1, maka karakter akan besar.

Dengan cara ini kamu dapat merubah karakter kamu sehingga pas pada suatu tempat yang diinginkan. Objek Null tadi kamu bisa ubah namanya sesuai karakter kamu.

Sekian tutorial dari saya, mohon maaf jika ada kata yang tidak enak untuk di baca, saya juga masih belajar, tetaplah semangat dalam mencari ilmu.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar